My New Hobby

05/02/2011 09:58

Entah sejak kapan persisnya, aku mulai menyukai olah raga ini. Yang jelas aku sangat menikmatinya meskipun aku terbilang masih baru dan sama sekali belum mahir. Olahraga yang satu ini tidak mengeluarkan keringat, seperti jenis olahraga yang lain..atau mungkin ada hanya saja saya tidak menyadarinya…sepertinya hanya bersenang-senang saja tetapi lumayan efektif untuk membakar timbunan lemak ditubuhku yang sudah mulai menumpuk sejak aku memilih suntik KB untuk menjaga jarak kelahiran dan merencanakan ‘masa depan’.

Mungkin anda bertanya dalam hati, olahraga apa yang tidak mengeluarkan keringat? yup, yang menebak benar boleh dapat hadiah..hadiahnya liburan di pulau kapuk (dirumah masing-masing). Jawabannya adalah Renang. Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air, dan biasanya tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air. (diambil dari Wikipedia).

Awalnya aku hanya iseng saja, sekedar menemani anakku yang punya keinginan berenang. Karena aku sadar bahwa sejujurnya aku tidak bisa berenang, tetapi jika hanya menonton saja tentunya tidak asyik, akhirnya aku memberanikan diri untuk mulai belajar lagi, loh kok belajar lagi? Iya sebenarnya dulu ketika masih single aku sudah pernah belajar dasar-dasarnya saja, tetapi tidak aku tekuni karena banyaknya kegiatan lain yang menurutku lebih penting. Klo dulu tutornya adalah my sister, sekarang sudah ada my lovely husband yang siap menjadi tutor. Tutor dadakan yang agak sedikit tidak sabar karena yang diajarin ngga bisa-bisa…sabar ya yang..hehe…maklum, namanya juga baru belajar.

Dalam sebulan terakhir, renang menjadi agenda yang sering muncul ditiap weekend, terutama setelah kami (saya dan suami) menemukan tempat yang menurut kami sangat cocok, tempatnya nyaman, sejuk, dan yang paling pening murah dan dekat rumah. Jika biasanya kami menghabiskan weekend di mall atau tempat bermain anak, sekarang aktivitasnya kami pindah ke kolam renang, selain bisa melepas penat, dan menghibur anak, kami juga bisa sekaligus menurunkan berat badan J klo yang terakhir sebenarnya alasan utama yang disembunyikan.

Tidak hanya sampai disitu saja, iseng-iseng aku mengajak teman sekantor untuk renang selepas jam kantor, ternyata ada respon baik, akhirnya jadilah kami mulai menyepakati untuk menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin. Jadi sekarang seminggu dua kali aku menambah pekerjaan mpok (asisten di rumah) mencuci pakaian renangku. Suami sangat support, dan dia juga memuji, “kamu kurusan bun!” wah jadi makin semangat nih untuk tetap continue dan menekuni olahraga yang satu ini.

Buat anda yang baru juga menekuni olahraga yang satu ini (seperti saya), saya ada beberapa catatan untuk anda.

 

Persiapan mental

Ternyata tidak semua orang senang dengan air, atau lebih tepatnya berada di air. Bagi yang fobia sebaiknya tidak nekat dan mencari alternative olahraga yang lain. Tapi bagi anda yang benar-benar ingin mencoba, satu hal yang perlu anda ingat, jangan takut untuk mencoba, karena sekali mencoba dijamin anda akan ketagihan. Tetapi usahakan pilihlah waktu yang tepat, dimana anda tidak perlu terburu-buru, dan juga pilih kolam yang tidak terlalu dalam kira-kira sebatas dada anda jika anda dalam posisi berdiri, sehingga anda tidak perlu merasa takut tenggelam.

Persiapan Peralatan

Pakaian renang adalah peralatan utama yang wajib anda bawa ketika memutuskan untuk berenang, kecuali jika anda hanya ingin bermain air saja. Selain itu persiapan lain adalah pakaian ganti, peralatan mandi plus handuk ya jangan sampai lupa, dan plastic atau tas kedap air untuk menyimpan pakaian renang anda yang basah. Untuk yang anda yang belum bisa gaya apapun kecuali gaya batu, maka tidak ada salahnya anda menggunakan ban atau alat bantu lain untuk bisa mengapung di air. Tidak perlu malu, namanya juga baru belajar. Kacamata renang juga dapat anda gunakan, ini membantu anda untuk bisa tetap membuka mata anda ketika di dalam air, selain itu juga mencegah mata anda dari iritasi ringan akibat kaporit yang biasanya di tambahkan dalam kolam. Walaupun yang saya sebutkan diatas sedikit tapi dalam prakteknya bawaan anda akan memenuhi tas anda, ada baiknya membuat ceklist untuk barang-barang yang anda bawa, agar tidak tertinggal.

Jika mental anda sudah cukup kuat untuk terjun ke air, jangan lupa untuk melakukan pemanasan, walaupun hanya lima menit, ini penting untuk menghidari kram pada kaki anda ketika berada di air.

Mempelajari teknik dasar

Seperti definisi yang telah saya sebut diatas bahwa berenang adalah gerakan bergerak di air. Maka anda harus dapat menggerakkan anggota tubuh anda di dalam air, jika anda diam saja tentunya anda akan tenggelam (jika kolam dalam). Maka hal pertama yang perlu anda fikirkan adalah bagaimana saya bisa bergerak di dalam air, mengapung, maju, mundur, pindah posisi dan sebagainya. Lakukan dengan rileks. Dengarkan baik-baik perintah dari instruktur renang anda dan coba lakukan. Karena tanpa mencobanya anda tidak akan pernah menjadi mahir.

Biasanya untuk tahapan pertama anda akan di minta untuk mencoba menahan nafas anda di dalam air, semakin lama anda bisa menenggelamkan kepala anda di air maka semakin bagus, tetapi jangan paksakan jika memang anda merasa tidak kuat dalam hitungan kelima, coba lagi, lagi dan lagi.

Setelah sukses dengan pernafasan, maka anda bisa mengambil posisi kedua tangan memegang sisi kolam, sedangkan badan diangkat setinggi mungkin sejajar dengan permukaan air atau posisi mengapung, lalu mulailah menggerakkan kedua kaki anda perlahan. Cobalah di posisi tengkurap dan terlentang. Jika anda sudah bisa mengapung, saat nya untuk terjun ke pelajaran yang sebenarnya, berenanglah dari satu sisi kolam ke sisi yang lain, jika ditengah-tengah anda kehabisan nafas, berhenti dengan cara menapakkan kaki ke dasar kolam.

Jika teknik dasar sudah anda kuasai maka selanjutnya adalah memperkaya gerakan renang anda, bisa gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu atau gaya punggung, tentunya dengan sering berlatih. Karena skill tidak bisa diperoleh secara instant. So, tunggu apalagi yukkk kita sehatkan badan dengan berolahraga. Seperti motto ku fun & healty.

 

Back

Search site

© 2008 All rights reserved.